Rabu, 01 Agustus 2012

Langkah Cepat Mengetahui Broken Link di Blog


Langkah Cepat Mengetahui Broken Link di Blog merupakan metode yang sering saya gunakan untuk blog www.taufikirawan.blogspot.com ini. Hal ini merupakan salah satu yang terpenting untuk perkembangan dan kualitas blog kita di mata mbah google. Menurut para pakar dan ahli SEO, broken link dalam sebuah blog dapat menjadi virus yang secara tidak kita sadari dapat menurunkan kualitas blog serta membuat artikel yang pernah kita posting tidak lagi terindeks oleh si mbah google.

Broken link/link error dapat juga dikatakan link yang tidak diketahui atau tidak ditemukan, salah satu penyebabnya yaitu ketika kita memposting suatu artikel dan menyertakan suatu link dari luar, kemudian link yang kita sertakan tersebut sudah dihapus atau diganti oleh si pemilik web tersebut. Hal ini sering terjadi, untuk itu saya sarankan jika Anda memposting suatu artikel dan menyertakan link dari luar, pastikan bahwa web tersebut memiliki eksistensi yang besar dalam dunia internet.

Misalnya saya menyertakan link external seperti www.w3.org, web tersebut sangat dan bahkan menguasai tool untuk pengkodean dalam sebuah web di internet, dan dominannya web yang ada di internet memakai jasa dari situs tersebut, jadi sangat mustahil web tersebut dihapus tetapi bisa saja mereka merubahnya namun dengan mentransformasinya ke situs/link yang baru. Sepertihalnya dengan blogger ini, dulunya mereka memakai blogspot kemudian diganti dengan blogger, lalu ketika kita browsing dan mengetikkan alamat blogspot.com, maka secara otomatis kita akan diarahkan ke situs blogspot baru yaitu blogger.

Kembali ke laptop kecil saya, untuk masalah yang satu ini kita akan memakai sebuah tool, yaitu brokenlinkchek. Sebenarnya banyak tool lain tidak hanya itu, namun untuk postingan ini saya sarankan memakai tool tersebut karena sangat mudah dan tidak ribet. Untuk mengetahui caranya perhatikan penjelasan berikut ini.


  1. Kunjungi situs www.brokenlinkcheck.com 
2. Masukkan url blog anda kedalam form yang telah disediakan
3. Lalu klik Find broken links

4. Masukkan kode keamanan yang telah diberikan
5. Klik Find broken links now, tunggu beberapa saat hingga proses pengecekan selesai

6. Jika sudah klik tulisan berkedip "src" lihat screnshot dibawah ini :
7. Maka akan muncul broken link/link yang rusak pada blog Anda seperti screnshot dibawah ini

8. Lihat warna pink, disana terdapat petunjuk pada halaman mana saja terdapat link yang rusak, lalu Anda perbaiki secara manual. lakukan cara ini hingga tidak ada lagi link yang rusak atau tidak berfungsi pada blog Anda.
    Catatan: agar mempermudah mencari link rusak pada blog, arahkan curcor ke "src", kemudian lihat pada browser di bawah kiri atau kanan pada layar monitor, disana juga terdapat petunjuk url halaman dimana link rusak berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentar yang membangun demi perbaikan Blog ini kedepan...
Sangat Disarankan untuk Memberikan Komentar yang Berbobot, Jelas, Padat dan sesuai serta relevan dengan Artikel dan Dilarang meninggalkan Link Hidup maupun Link Mati Pada Kolom Komentar, Komentar Yang Hanya : Thanks, Trims, Sip, Gan, Terima kasih dan Sejenisnya Tidak akan di Publikasikan. Terima Kasih.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free
 
Support : Creating Website | Mas Template
Copyright © Oktober 2012. Taufik Irawan ::: Official Community ::: - All Rights Reserved
Template Modify by Taufik Irawan
Proudly powered by Blogger