Selasa, 28 Agustus 2012

Apa Gunanya Fitur Tautan Permanen atau Permalink di Blogspot


permalink atau tautan permanen
Salah satu kelemahan blogger yang banyak dikeluhkan adalah terbatasnya kata-kata dalam sebuah URL (permalink tersebut) Kata-kata yang ditampilkan paling banyak 5 atau 6 kata saja. Akibatnya, banyak judul-judul dalam postingan blogspot/blogger terlihat monoton. Misalnya Cara Membuat .... How To.... Cara Memasang ..... Ya mau tidak mau memang, untuk menembak keyword dan optimasi blog.
http://taufikirawan.blogspot.com/2012/08/apa-gunanya-fitur-tautan.html
Perhatikan URL di atas yang berwarna biru. Ini juga salah satu alasan mengapa banyak blogger yang "pindah ke lain hati" alias ke wordpress, dimana setting permalink di wordpress bisa "sesuka" hati blogger itu sendiri. 

TAPI ITU DULU...

Jika kita perhatikan pada menu setelan entri blogpot pada tampilan antar muka yang baru, pada saat kita menulis artikel, ada sebuah fitur baru disana, yaitu tautan permanen (Permalink), dan ketika ada fitur baru yang ditambahkan tersebut, pastinya menimbulkan sebuah pertanyaan, apa manfaat dan fungsi fitur tersebut.
seperti yang kita ketahui bahwa untuk blog di blogspot, pada saat kita akan memberikan judul untuk setiap artikel, kita tidak diberikan kebebasan, karena judul artikel dibatasi karakternya, sering kali pada saat kita mempunyai sebuah judul artikel yang lumayan panjang, link judul artikel tersebut akhirnya terpotong, dan bagi sebagian blogger akan merasa kurang nyaman jika link judul terpotong, karena akan berpengaruh terhadap hasil pencarian oleh search engine, hal tersebut tidak baik juga untuk SEO (Search Engine Optimization).

Akan tetapi, kini nampaknya dari pihak blogger sudah memberikan solusi, dengan adanya fitur baru tautan pemanen (Permalink), apabila kita memiliki judul artikel yang lumayan panjang, seluruh kata yang kita masukkan dalam judul tidak akan terpotong. Untuk cara menggunakan fitur ini juga tidak sulit.

Ada dua opsi pada fitur tautan permanen (Permalink) di menu setelan entri, yaitu :
a. URL Otomatis, Opsi ini digunakan apabila judul artikel anda tidak terlalu panjang, artinya, saat anda mengetikkan judul, tidak ada kata yang tepotong.... tetapi kalau judul artikelnya terlalu panjang (menurut blogspot) maka mau gak mau kita menggunakan opsi kedua...
Misalnya : artikel ini tadinya tautan pemanennya adalah : http://taufikirawan.blogspot.com/2012/08/apa-gunanya-fitur-tautan.html, ini menjadi terlihat kurang bagus maka kita gunakan
b. URL Khusus, Opsi ini digunakan apabila judul artikel panjang, kita sendiri yang menentukan bagaimana permalink untuk judul artikel, seperti ini : http://taufikirawan.blogspot.com/2012/08/apa-gunanya-fitur-tautan-permanen-atau-permalink-di-blogspot.html
Catatan : Untuk menggunakan Opsi URL Khusus, sebagai pemisah kata tidak diperbolehkan menggunakan spasi, tanda hubung yang diijinkan yakni, a-z, a_z, a.z.
Fitur baru tautan permanen juga mengijinkan adanya perbedaan judul artikel di blog dan alamat link judulnya, seperti dapat anda liat pada judul artikel ini, link dan judulnya sudah berbeda kan. 

Dengan adanya fitur baru dari blogger tautan permanen (Permalink) ini, diharapkan blog di blogspot bisa lebih bersaing lagi dalam persaingan pencarian, dan tentunya lebih SEO friendly, semoga bermanfaat, salam blogger

6 komentar:

  1. Balasan
    1. yg blm paham apanya gan..?
      Tujuan tautan permalinknya atau cara bikinnya....?

      Hapus
  2. kalau tautan judul fungsinya untuk apa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Judul emang bkal mejadi tautan Gan, tpi klo trllau pnjang bkal d ptong sm blogger sprti cntoh diats (http://taufikirawan.blogspot.com/2012/08/apa-gunanya-fitur-tautan.html) padahl jdul sbnarnya : Apa Gunanya Fitur Tautan Permanen atau Permalink di Blogspot shngga mjdi klo kt buat prmalinkx (http://taufikirawan.blogspot.com/2012/08/apa-gunanya-fitur-tautan-permanen-atau-permalink-di-blogspot.html)

      Hapus
  3. makasih informasinya, semuga blogku bisa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin...mudah2xan bsa brmanfaat u/ smua blogger indonesia

      Hapus

Mohon komentar yang membangun demi perbaikan Blog ini kedepan...
Sangat Disarankan untuk Memberikan Komentar yang Berbobot, Jelas, Padat dan sesuai serta relevan dengan Artikel dan Dilarang meninggalkan Link Hidup maupun Link Mati Pada Kolom Komentar, Komentar Yang Hanya : Thanks, Trims, Sip, Gan, Terima kasih dan Sejenisnya Tidak akan di Publikasikan. Terima Kasih.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free
 
Support : Creating Website | Mas Template
Copyright © Oktober 2012. Taufik Irawan ::: Official Community ::: - All Rights Reserved
Template Modify by Taufik Irawan
Proudly powered by Blogger