Jumat, 15 Agustus 2014

Cara Menampilkan Profile Authority Dalam Hasil Pencarian Google

Kalo kita sering melakukan pencarian di google, tentu saja pernah melihat foto profil yang muncul di samping hasil pencarian kita. Authorship markup ini sudah di dukung oleh google lalu apa gunanya menampilkan foto author di hasil pencarian google? Jika penilaian pada Google PageRank lebih mengacu pada korelasi Jumlah BackLink, Kualitas Konten dan Umur Domain. Lain halnya dengan Page Authority / Site Authority yang penilaian atau pemberian skornya hanya melihat pada alur niche blog.
Cara Menampilkan Profile Authority Dalam  Hasil Pencarian Google

Maksudnya seperti ini. Jika Anda membuat Blog yang mempunyai tema SEO, jika ingin mendapatkan Page Authority / Site Authority yang tinggi, ya artikel yang Anda buat haruslah tidak jauh tentang Optimalisasi Mesin Pencari. Atau mudahnya Page Authority / Site Authority merupakan Nilai yang diberikan untuk Niche Blog sementara Google PageRank merupakan Nilai yang diberikan untuk Blog tersebut.

Yang pertama tentunya untuk membuat Blog Anda lebih kuat ketika dihadapkan pada Blog “gado-gado” pada SERPs (tentunya dengan keyword niche blog Anda). Dan yang kedua untuk meningkatkan Bounce Rate pada Blog Anda, kenapa bisa begitu ? Ketika Blog Anda menyajikan informasi khusus semisal bloging, nah misal Blog Anda khusus membahas atau berniche bloging, maka pengunjung yang sedang mencari hal tentang bloging pasti akan menjelajahi Blog Anda. Dengan begini sudah bisa dipastikan Bounce Rate Anda akan meningkat dengan pesat.

Pertama yang harus kita ketahui mengenai profile authority adalah cara kerjanya, sehingga otoritas akun google plus dapat memberikan dampak (negatif/positif) terhadap blog dan seluruh halamannya. Dan saya akan mencoba menjelaskannya secara singkat dan padat.

Blog akan mendapatkan otoritas akun google plus jika blog tersebut menautkan informasi author/ kepemilikan atas blog tersebut. Dan akun google plus akan memberikan otoritasnya kepada blog jika blog tersebut tertaut di halaman informasi pribadi (contributor) akun google plus.

Auhtorship, menurut saya sangat penting. Authority disini bisa berimbas dengan banyaknya backlink, banyaknya user, banyaknya follower, banyaknya fans, banyaknya like, banyaknya +1 dan kejelasan siapa yang yang bertanggungjawab atas sebuat website atau secara spesisifik terhadap sebuah artikel. Dengan menampilkan profil di setiap halaman artikel yang kita buat dan ditampilkan juga oleh google di halaman hasil pencarian, user jadi tau siapa yang membuat artikel dan siapa yang bertanggung-jawab dengan kebenaran artikel tersebut. Apabila author tersebut memiliki follower yang banyak, bisa berarti dianggap popular dan mau “didengerin” banyak orang. Selain itu, tentu saja pengguna mesin pencari akan lebih senang nge-klik karena fotonya menarik/ganteng, mungkin saja :D .
Proses mem-verify authorship ini sebenarnya sudah sangat jelas di google. Ada 2 cara yang disarankan google untuk memverifikasi auhtorship agar muncul di hasil pencarian google, yaitu dengan verifikasi email domain atau membuat link ke profil Google+ kita.
Cara Menautkan Akun Google Plus di Blog Menggantikan Profile Blogger
Jika anda adalah pengguna blog blogger dan menggunakan blogger template orisinal atau bawaan blogger, maka anda bisa melewati tahapan ini. Karena blogger template bawaan blogger sudah terintegrasi dengan fitur ini.
Cara Menautkan Akun Google Plus di Blog Menggantikan Profile Blogger

Namun, hal ini akan bekerja jika anda menggunakan informasi profile blogger sebagai google plus, bukan profile blogger lawas. Cara untuk beralih dari profile blogger lawas ke profile blogger google plus bisa dilakukan melalui menu Google+.

Cara Mengaitkan Blog Dengan Akun Google Plus
Setelah menautkan link profil akun google plus atau link laman google plus di blog, langkah terakhir adalah mengaitkan blog tersebut dengan akun google plus.

Kunjungi situs google plus di https://plus.google.com atau langsung https://plus.google.com/u/0/me/about agar langsung menuju halaman tentang/about.
Klik "edit" pada informasi "tautan".
Tambahkan blog (url/link dan judul blog) di bagian informasi "kontributor".
Simpan perubahan dan Selesai.

Cara manual mengaitkan akun google plus di blog
Cara ini bisa dilakukan jika blog tidak menggunakan blogger template bawaan blogger beserta blog-blog lain selain blogger (wordpress, blogdetik, blog, dll.).

Tambahkan elemen HTML berikut pada blog atau template:
<a href="https://plus.google.com/IDakungoogleplus" rel="author">Temukan saya di Google+</a>

contoh:
<a href="https://plus.google.com/110429325792982049410" rel="author">Temukan saya di Google+</a>

atau
<a href="https://plus.google.com/110429325792982049410" rel="author">Zaenal Abidin</a>

Letak penempatan di sarankan berada di bagian paling atas blog seperti header atau di bawah judul posting. Atau anda juga bisa meletakkan tag author tersebut di bagian dalam <head>.

<link href="https://plus.google.com/110429325792982049410" rel="author"/>

Letakkan kode tag link tersebut di antara kode <head> dan </head>.

<a href="https://plus.google.com/109097140621304019024?rel=author">Taufik Irawan</a>
Cek apakah caranya sudah berhasil di structured data testing tool.
Selesai
Cek profile authority di structured data testing tool

Untuk pengguna blog wordpress dengan beberapa author atau penulis dalam 1 blog, bisa dengan menambahkan kode <?php the_author_link(); ?> pada file themes single.php. Kemudian edit profil masing-masing user dan pada bagian Contact Info, Website di isi dengan url profil Google + masing-masing user.
Cara lain menampilkan foto profil di hasil pencarian yang pernah saya coba dan berhasil adalah dengan menambah meta rel=”author” pada bagian <head> html website/blog kita, seperti <link rel="author" href="https://plus.google.com/109097140621304019024" /> contohnya seperti ini:
<head>
<link rel="author" href="https://plus.google.com/109097140621304019024" />

</head>

Dan masih banyak lagi cara-cara lain untuk menautkan akun google plus di sebuah blog dengan berbagai macam variasi. Sala satunya adalah menggunakan icon kecil google plus beserta situs-situs sosial media lainnya, seperti: facebook, twitter, youtube, dkk.

Bagaimana, Cara Untuk Mengetahui Skor Page Authority / Site Authority Pada Blog Kita ?

Mudah saja, Anda bisa langsung mengunjungi Website penyedia layanan Authority Checker, dan jika Anda tidak mau repot mencari di Google, Anda bisa langsung pergi ke Moonsy Free Page Authority Checker.

Sebenarnya, saya ada sedikit Tips Untuk Meningkatkan Page Authority / Site Authority walaupun Blog Anda memiliki Niche “gado-gado” yaitu dengan Cara memposisikan diri Anda sebagai pengunjung, dan tanyakan pertanyaan dibawah ini untuk diri Anda :

  • Apakah Blog ini pantas untuk di Bookmark ?
  • Apakah saya puas (mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat) saat saya membaca Artikel yang ada di Blog ini ?
  • Bagaimana bahasa yang digunakan dalam menyampaikan Informasi ? terlalu bertele-tele atau langsung to the point ?
  • Apakah Blog ini diupdate secara rutin ? Jika iya saya akan kembali lagi nanti


Jika semua pertanyaan diatas mendapat jawaban “iya” maka sudah bisa dipastikan bahwa Blog Anda sudah mendapatkan label SNI sebagai Blog dengan Page Authority atau Site Authority Tinggi. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentar yang membangun demi perbaikan Blog ini kedepan...
Sangat Disarankan untuk Memberikan Komentar yang Berbobot, Jelas, Padat dan sesuai serta relevan dengan Artikel dan Dilarang meninggalkan Link Hidup maupun Link Mati Pada Kolom Komentar, Komentar Yang Hanya : Thanks, Trims, Sip, Gan, Terima kasih dan Sejenisnya Tidak akan di Publikasikan. Terima Kasih.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free
 
Support : Creating Website | Mas Template
Copyright © Oktober 2012. Taufik Irawan ::: Official Community ::: - All Rights Reserved
Template Modify by Taufik Irawan
Proudly powered by Blogger